Breaking News
Loading...
Wednesday, November 28, 2012

Info Post



Ini lanjutan dari posting kemarin tentang " Napak Tilas Jember Tempo Dulu ".  Sejarah adalah masa silam yang banyak menyimpan kisah yang sering kita lupakan, bahkan sedikit dari kita yang enggan mengetahui dan memikirkannya.  Di Jember - Jawa Timur tak ubahnya dengan kota-kota yang lain yang masih menyisakan sejarah kotanya yang semestinya digali informasinya dan sayang sekali jika bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah mengabaikan warisan leluhur kita khususnya warga Jember.

Di jaman sekarang kita sudah sangat dimanjakan dengan sarana telekomunikasi yang sudah berkembang pesat, seolah dunia dalam genggaman kita. Hal ini berkat kepedulian PT Telkom Indonesia yang mana merupakan BUMN  bergerak dalam bisnis jasa Telekomunikasi .  Saat ini Kantor PT Telkom Jember berada di jalan Gajah Mada dengan gedung berlantai 8 yang begitu megah, namun di jaman dahulu mungkin kita banyak yang belum tahu sejarahnya.  PT Telkom dahulu bernama Perumtel yang kantornya berlokasi di Jalan Kartini Jember, tetapi Gedung Telkom tersebut tergolong baru.

Nah ini fotonya brow. 

Awal mula lahan yang ditempati kantor Telkom Lama yang  berada di sebelah Masjid Al Amien lama adalah bekas Gedung Bioskop jaman Belanda yang bernama Chatay yang mengalami kebakaran hebat sampai-sampai memakan korban jiwa. Menurut informasi dari para sesepuh Jember Gedung bioskop  itu adalah Gedung Bioskop pertama kali yang pernah ada di Kota Jember. Setelah beberapa lama barulah didirikan kantor Telkom di lahan tersebut.

Kini Gedung Telkom di Jember sudah merata, bahkan di setiap kecamatan ada kantor pelayanan Telkom. Di pusat kota Jember sendiri ada beberapa kantor Telkom di antaranya :
1. Di jalan Gajah Mada Jember  ( Datel Jember )
2. Di Jalan Kartini / bekas gedung bioskop  ( Flexi Centre )
3. Di jalan Letjen Suprapto ( STO )
4. Di jalan Cokroaminoto ( STO  )

Mungkin ini saja informasi dari saya tentang  awal mula Telkom di kota Jember.
Semoga bermanfaat.


Angak Hoo...!!!

4 komentar:

  1. Gedung di alun-alun ya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cak,kantor telkom alun2. tp foto di atas adlh gedung bioskop msh jaman walanda.

      Delete