Breaking News
Loading...
Saturday, November 17, 2012

Info Post
Kotaku Tercinta JEMBER

Setiap kota pasti ada sejarah dan riwayatnya, begitu pula dengan Kota JEMBER yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Jember merupakan salah satu kota di segi tiga antara Kota Bondowoso , Kota Banyuwangi dan Kota Lumajang. Kabupaten Jember saat ini dibagi menjadi 31 Kecamatan yang tersebar di Kota Jember. Sebelum Tahun 2001 Jember merupakan kota administratif selanjutnya diganti dengan Kabupaten Jember. Kota Jember merupakan Tapal Kuda dan salah satu pusat regioonal di Jawa Timur. Dan setiap tanggal 1 Januari di peringati Hari Jadi Kota Jember.



Sejarah

Kabupaten Jember dibentuk berdasarkan Staatsbland Nomor 322 tanggal 9 Agustus 1928 dan sebagai dasar hukum mulai berlaku tanggal 1 Januari 1929. Pemerintah Hindia Belanda telah mengeluarkan ketentuan tentang penataan kembali pemerintah desentralisasi di wilayah Provinsi Jawa Timur, antara lain dengan menunjuk Regenschap Djember sebagai masyarakat kesatuan hukum yang berdiri sendiri. Secara resmi ketentuan tersebut diterbitkan oleh Sekretaris Umum Pemerintah Hindia Belanda (De Aglemeene Secretaris) G.R. Erdbrink, 21 Agustus 1928.

Pemerintah Regenschap Jember yang semula terbagi dalam tujuh Wilayah Distrik, pada tanggal 1 Januari 1929 sejak berlakunya Staatsbland No. 46/1941 tanggal 1 Maret 1941 Wilayah Distrik dipecah menjadi 25 Onderdistrik.

Kota Jember merupakan salah satu kota pengahsil pertanian terbesar di Jawa Timur, disamping itu Kemajuan ekonomi dan Dunia pendidikan melaju sangat pesat. Terbukti dengan adanya Univeritas Negeri Jember yang berada di Kampus jalan Kalimantan. Sedangkan Perekonomian diperkuat oleh banyaknya bermunculan Mall dan Pabrik Tembakau yang menjadikan komoditi Export di Bremen Jerman. 

Peningkatan ekonomi di dunia industri, Pariwisata, Agrowisata dan lain-lainnya juga menunjang perekonomian Kota Jember. Disamping itu Kota Jember merupakan kota Religius, anda bisa melihat banyaknya Pondok Pesantren di seluruh pelosok Kota Jember. Hal ini membuktikan pembangunan sangat balance dan membawa Kota Jember bisa menjadikan kota percontohan untuk kota-kota disekitarnya. 


Semoga bermanfaat.

Angak Hoo ..!!!

0 komentar:

Post a Comment