Breaking News
Loading...
Wednesday, December 26, 2012

Renungan Akhir Tahun

Kehidupan Dunia dan Alam Kubur Yang Sudah Menunggu

Dunia ini adalah perkampungan yang dilingkungi Bala' dan pengkhianatan. Tak pernah langgeng ikhwalnya, tak pernah selamat penghuninya. Suaranya selalu bergantian, masa-masanya selalu berubah-ubah. Hidup di dalamnya tercela, keamanan di dalamnya tak pernah terwujud. Para penghuninya selalu menjadi sasaran dan terancam oleh dunia itu sendiri, yang melempari mereka dengan panah-panahnya dan membinasakan meraka dengan kematiannya.

Ketahuilah wahai hamba-hamba Allah, bahwa kamu sekalian serta segala yang kamu miliki di dunia ini, berada di jalan orang-orang sebelum kamu yang telah pergi meninggalkannya. Yaitu mereka yang lebih panjang usianya dari pada kamu, lebih makmur kediamannya dan lebih banyak bekas peninggalannya.

Suara-suara mereka kini lenyap, kegiatan mereka terhenti, tubuh-tubuh meraka hancur luluh, rumah-rumah mereka sunyi senyap dan peninggalan mereka kini hanya reruntuhan. Istana mereka yang di bangun megah dengan permadani yang terhampar rapi, kini berganti dengan batu-batu sandaran yang keras serta kuburan-kuburan dan tanah terbelah yang di bangun berandanya dengan debu kehancuran.

Tempat-tempatnya saling berdekatan, namun para penghuninya saling berjauhan. Merasa sendiri kesepian diantara penduduknya, dilanda kesibukan di antara kesibukan para penganggur. Tiada terhibur dengan perasaan berada di tanah air dan tiada saling berkunjung di antara para tetangga, kendatipun jaraknya amat dekat.

Betapa mungkin mereka saling berkunjung, sedangkan jasad-jasad mereka telah dihancur luluhkan oleh kerapuhan oleh tanah dan bebatuan. Kini bayangkan seolah-olah kalian sendiri telah menjadi seperti mereka. tertahan di atas tempat pembaringan seperti itu, terkungkung dalam ruangan persimpanan dan tertutup rapat. Apa kiranya yang akan kalian lakukan apabila telah mencapai akhir perjalanan, saat tanah perkuburan di putar balikkan dan kalian dibangkitkan kembali di padang mashyar ?

"Di tempat itu, tiap-tiap diri merasakan pembalasan atas segala yang telah dikerjakan dahulu, dan mereka di kembalikan kepada Allah Penguasa mereka yang sebenarnya, dan (pada saat itu) lenyaplah dari mereka segala yang mereka ada-adakan" (QS 10:30)

Maut tidak segan-segan menghampiri kita, siapapun kita dan tidak pernah memberikan isyarat kepada kita. 
Di penghujung tahun 2012 ini apa yang telah kita lakukan? Sudah maksimal kah apa-apa yang telah di perintahkan Allah dan yang di Sunnahkan Rasulullah? Bersyukurlah bagi kamu yang sudah melaksanakan dan meningkatkan amal ibadanya dan marilah kita koreksi diri dari semua yang telah kita perbuat.

Semoga Allah memberikan tambahan umur dan rizki yang barokah serta di ridhai Allah untuk lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah di tahun depan. Amin

7 komentar:

  1. (h) makasih telah berbagi.. semoga pribadi kita masing2 akan menjadi lebih baik lagi di tahun depan.. Amin x-)

    ReplyDelete
  2. Tak terasa satu tahun bertambah dr 2012 menjadi 2013, tak terduga usia kita punmenjadi berkurang 1 tahun lagi, semoga pada tahun 2013 Tuhan menjadikan kita lebih dewasa, dimana kehidupan tahun masalalu lebih baik dr sekarang...

    H-4 Met Tahun Baru Gan

    ReplyDelete
  3. nice info gan ,, mungkin benar kita harus merenungkan hidup kita di tahun 2012 ini sebelum menuju tahun yang baru 2013 , jangan lupa mampir ya http://king7online.blogspot.com/2012/12/promo-bonus-100-scobet-ibcbet-dan.html

    ReplyDelete
  4. Selamat Tahun Baru 2013 kawan :>)

    ReplyDelete
  5. Selamat tahun baru sahabat, semoga semua jadi lebih baik. mampir juga ke blog saya http://www.rifqi.net =))

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan template kamu, sob. (p)

    ReplyDelete