Breaking News
Loading...
Saturday, November 17, 2012

Info Post
The " CILOK " Jember Mendunia. Mungin judul di atas saya rasa sungguh "TERLALU" tapi apa salahnya jika saya kasih judul yang sedikit keren. (Mak Ngoros = bhs Jemberan). "CILOK" sebuah jajanan yang sudah tidak asing lagi di Kota Jember khususnya pelajar TK sampai Mahasiswa/i sudah pernah merasakanmya. Mungkin orang dewasa juga pernah atau bahkan suka ( Dhujen = bhs Jemberan) jajanan ini.

Jika anda belum tahu yang namanya "CILOK" baiklah saya akan kasih sedikit gambaran. "CILOK" ini hampir mirip dengan Bakso (Penthol = bhs Jemberan) yang bentuknya bulat dan ukurannya bisa dibilang lebih kecil dari bakso pada umumnya. Jika pada bakso bahan yang dipakai adalah daging sapi dan sedikit ada campuran kanji serta bumbu penyedap, dan selanjutnya ditaruh di mangkok dan dikasih mie dan kuah plus saos, kecap dan sambal.

Lain halnya dengan The "CILOK" jika pada bakso komposisi bahan yang banyak dipakai adalah daging, tetapi kalau di cilok yang banyak justru kanjinya. gkgkgkgk .....
Bisa anda bayangkan seperti apa kenyalnya (nyel-kenyel = bhs Jemberan) the "CILOK" tersebut. Tapi anda jangan menyepelekan rasanya, pada "CILOK" bumbu yang dipakai adalah kacang dicampur santan persis bumbu / kuah Gado - Gado ( Do-Gado = bhs Jemberan) dan sambal sebagai accecories.

Mungkin rasa sambal yang pedas bisa menutupi kukurangan rasa yang ada pada "CILOK" gkgkgkgk. Di Jember harga The "CILOK" relatif murah banget, berkisar Rp. 2000 an tapi anda bisa membeli Rp. 100.000 dan jangan lupa bawa ember untuk tempatnya. :D Karena terkenal murah meriah nya di Jember "CILOK" sangat laris manis. Anda bisa menemukannya jika sedang berkunjung di Jember dan paling mudah jika anda di depan Kantor DPRD Jember. Persis di perempatan (Prapatan = bhs Jemberan) itulah The "CILOK" Edi yang paling tersohor seantero Jember dan mangkalnya di sana. Edi adalah si penjual cilok, bahkan jika para Mahasiswa antri membeli si Edi tidak kelihatan sama sekali. Saking antrinya ...... :D makanya saya memberikan judul postingan seperti itu karena sangat antri jika membeli di sana.

Silahkan buktikan sendiri The "CILOK" asli Jember.


Semoga bermanfaat.

Angak Hoo...!!!

1 komentar:

  1. ups.. ternyata di jember ada cilok juga ya... sama dong..

    ReplyDelete