Breaking News
Loading...
Saturday, November 17, 2012

Info Post


"Kota Jember"  merupakan salah satu kota terbesar nomor 3 di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Tentu  kota ini mempunyai kelebihan tersendiri dibanding dengan kota - kota yang lain di Jawa Timur termasuk di Indonesia. Salah satunya adalah makanan khas Kota Jember yaitu TAPE dan SUWAR SUWIR (war-suwir = bhs jemberan+madura). Mungkin kalau tape sih sebagian dari anda-anda sudah pada tau, nah kalau yang sati ini SUWAR SUWIR pasti penasaran.

Kalau di lihat dari bahasanya kata SUWAR SUWIR sangat aneh, ndak tau sapa yang ngarang ato yang nyiptain pertama kali. Saya lahir udah ada nama SUWAR SUWIR. Mungkin di dalam kamus Besar Bahasa Indonesia gak pernah ada, apa lagi kamus bahasa Arab, tetapi kalau anda masih juga nekat silahkan cari di Ensiklopedia Bebas atau Wikipedia juga gak bakal ketemu ( jok ngeyel = bhs jemberan ). heheheheh tapi anda jangan menyepelekan (ngentengno = bhs jemberan) rasa yang terkandung didalamnya. Suwar - Suwir mempunyai rasa manis yang ruaaarrr biassaaa, kalau saya bandingkan hampir sama dengan Dodol Garut, tetapi bahan yang digunakan adalah Singkong (pohong = bhs jemberan) yang di olah sedemikian rupa hingga menjadi SUWAR - SUWIR.

Oh iya, bentuk SUWAR SUWIR itu sendiri kota persegi panjang sama dengan Dodol Garut, dan warnanya bervareasi (cem-macem = bhs Jemberan) warna coklat,hijau,pink dan lain-lain. Tetapi anda jangan menanyakan kenapa warnanya seperti itu? (mak ngoros = bhs jemberan) yang jelas itu hanya selera dibuat warna apapun rasanya gak beda. (sak ser'e sing nggawe = bhs jemberan). Pepata Arab bilang, apalah arti sebuah nama. heheheh

Jika anda suatu saat melewati atau singgah di Kota Jember pastikan anda tidak lupa membeli SUWAR SUWIR. Anda bisa beli di pusat jajanan atau pusat oleh-oleh makanan khas Jember. Harganya sangat murah dan bervariasi tergantung yang punya toko dan saya pastikan anda tidak kecewa dengan apa yang namanya SUWAR SUWIR seperti yang saya informasikan disini.

Semoga bermanfaat.

Jember  ( Angak Hooo )

0 komentar:

Post a Comment