Breaking News
Loading...
Saturday, November 17, 2012

Info Post
The Stone Snake (Watu ULO) Kota Jember. Jika melihat dari judul di atas anda pasti membayangkan sebuah batu yang berbentuk ular. Tidak dipungkiri lagi itu memang sebuah kenyataan sebuah batu yang bebentuk ekor ular. Pantai Watu Ulo, atau dalam bahasa Jawa berarti Batu Ular, terletak di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, sekitar 40 Km sebelah selatan kota Jember. Disebut Watu Ulo karena mengacu pada rangkaian batu karang yang memanjang dari pesisir pantai ke laut.

Saya sendiri ndak tau awal mula dari kisah tersebut, namun dari beberapa cerita dari mulut ke mulut (jarene = bhs jemberan) batu tersebut adalah potongan dari seekor ular raksasa yang sedang bertapa di sebuah goa yang tak jauh dari pantai. Pantai Watu Ulo, yang terletak di Samudra Indonesia mempunyai panorama alam yang indah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota (33 km arah selatan). Pantai ini selalu banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara khususnya pada saat Hari Raya Idul Fitri (rioyoan=bhs jemberan).

Banyak hiburan yang di suguhkan oleh Pemerintah Kab. Jember selama Hari Raya H+1 sampai H+7. Tradisi ini sudah bertahun-tahun yang di agendakan oleh Pemerintah Kab. Jember. Anda tidak perlu khawatir karena di Pantai Watu Ulo terdapat Hotel yang bisa menjadikan peristirahatan selama anda mengunjungi pantai tersebut.

Selain keindahan dari pesona pantainya setiap H+7 Hari Raya Idul Fitri (Kupatan=bhs jemberan) diadakan upacara (slametan=bhs jemberan) Larung Sesaji oleh warga sekitar yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai nelayan. Sesaji tersebut di larung di Pantai sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Jika anda berkunjung di Jember gak keren rasanya jika tidah berkunjung ke Pantai Watu Ulo, rasakan keindahannya dan buktikan kebenaran kisah diatas. Tetapi penulis mengingatkan jangan dibawa pulang batu ularnya untuk dijadikan oleh-oleh. :D


Semoga bermanfaat.

Angak Hoo..!!!

0 komentar:

Post a Comment