Breaking News
Loading...
Sunday, November 25, 2012

Info Post
Napak Tilas Jember Tempo Dulu. Jika kemarin saya mencoba menerangkan tentang " Arisan di Alexa " tapi kali ini saya ulas kisah Jember Tempo dulu. Anda pernah ke Jember ? Kota Jember adalah kota di segitiga antara Lumajang, Bondowoso dan Banyuwangi. Jika anda pergi ke salah satu kota itu anda pasti melewati Kota Jember yang terkenal dengan chiri khasnya di antaranya Suwar Suwir, BBJ dan JFC nya.

Disini saya akan menggambarkan Jalan utama penghubung kota Jember dan Kota Banyuwangi, disana kita akan melewati "Gunung Gumitir" yang jalannya terjal dan disebelahnya ada tebing. Jalan tersebut awal pertama kali yang membuat adalah Kolonial Belanda  ketika itu masih menjajajah Indonesia. Perjalanan menuju Kota Banyuwangi ada dua alternatif naik kendaraan roda 2 atau 4 satu lagi naik kereta api. Namun jarang sekali kita mengetahui khususnya Warga Jember yang mengetahui seperti apa sih ketika pembuatan jalan itu ?

Dari foto diatas kondisi jalan yang masih pertama kali dibuat sudah barang tentu masih tanah dan berpagar bambu sebagai pembatas tepi tebing. Informasi yang saya dapat pembuatan jalan tersebut dipekerjakan  nenek moyang warga Jember untuk "Kerja Paksa" membuat jalan tersebut. Banyak para pekerja mati disana akibat penyiksaan dan kelaparan.
Kini kita bisa melewati jalan tersebut sambil menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan serta bisa melepaskan lelah di Cafe Gumitir yang sangat terkenal dengan "Kopi Luak" nya.





Semoga bermanfaat.


Angak Hoo...!!!

7 komentar:

  1. kalo denger soal Kopi luwak, jadi kepengen ngopi lagi nih sob heheheee... :D
    nice artikel sobatku

    ReplyDelete
  2. Jalan jaman dulu dikerjakan dengan sistem kerja paksa, tapi aspalnya awet dari pada jaman sekarang :D

    ReplyDelete
  3. jember tempoe doeloe begini toh :D

    ReplyDelete
  4. sedap pula nama tempatnya banyuwangi :)

    ReplyDelete
  5. Wah, kampung halaman DePe ber Luak Coffee ni :-D

    ReplyDelete
  6. Kalau naik kereta saya pikirannya biasa saja naik kendaraan Roda 2 dan roda 4 lewat Gunung Gumitir takut sob hehe.

    ReplyDelete